Bagian Administrasi mempunyai kerja yang
sangat penting, untuk mendukung kerja atasan atau bagian lain. Dan pengalaman
kerja di bagian Administrasi akan memberikan peluang yang besar untuk jenjang
karir yang lebih tinggi, karena dasar kerja perusahaan ada pada bagian
Administrasi.
Semakin besar
suatu perusahaan dan semakin komplek struktur organisasi dalam perusahaan, maka
semakin banyak tenaga Administrasi dibutuhkan. Seperti bagian Gudang,
Puchasing, Quality Control, Exim, Personalia, Teknologi Produksi ( Engenering )
, atau Maintenance ( Teknisi Perusahaan ).
Pada Bagian
Administrasi membutuhkan pengetahuan yang baik , dimana semuanya bisa
dipelajari asal ada kemauan seperti :
1.Dasar Komputer
Excel maupun Word
2.Sedikit Bahasa
English ( walaupun Pasif )
3.
Ketelitian.
TIPS UNTUK SUKSES MELAMAR BAGIAN ADMINISTRASI :
1. PERSIAPAN
AWAL .
- Cobalah untuk berlatih
untuk berhitung ringan seperti perkalian, pembagian , pengurangan , agar
dapat menemukan cara cepat untuk menghitung.
- Yakinkan diri anda “ BAHWA
ANDA MAMPU DALAM SEGALA HAL “
2. BAHAN
PERSIAPAN UNTUK WAWANCARA ADMINISTRASI
LINGKUP KERJA BAGIAN ADMINISTRASI
:
- ADMINISTRASI PENJUALAN :
Melakukan pencatatan dan pembukuan
semua transaksi penjualan harian disertai bukti
penjualan, bisa berupa nota penjualan
atau yang lainnya.
- ADMINISTRASI PEMBELIAN :
Melakukan pencatatan dan pembukuan
semua transaksi pembelian harian disertai dengan
bukti pembelian bisa berupa nota pembelian
atau yang lainnya.
- ADMINISTRASI KANTOR UNTUK PERUSAHAAN PERDAGANGAN :
Untuk kerjanya tergantung dari sistem
pengaturan dari manager , Ada yang mempunyai kerja hanya untuk administrasi
ringan seperti pencatatan DATA atau membuat surat menyurat , tetapi ada
perusahaan yang memasukkan tugas keuangan dan pencatatan stock gudang ke dalam
kerja ADMINISTRASI.
Disini tugas Administrasi menjadi
lebih luas , seperti : Mencatat semua stock gudang, bertanggung jawab terhadap
keluar masuk barang ke sales, maupun yang memberikan uang saku ke sales.
Dari hasil pencatatan setelah diketahui atasan , laporan tersebut akan disampaikan ke Accounting.
Dari hasil pencatatan setelah diketahui atasan , laporan tersebut akan disampaikan ke Accounting.
- ADMINISTRASI UNTUK PERUSAHAAN MANUFACTURE ( PABRIK
) :
Sebenarnya prinsip kerjanya
hampir sama baik perusahaan besar LOKAL atau perusahaan ASING. Pada perusahaan
jenis ini kerja ADMINISTRASI menjadi sangat penting karena semua data harus
dilakukan pencatatan dengan rapi , dan semua aktifitas harus dilakukan secara
terschedule .
TEKNIK DAN TIPS SUKSES MENJADI ADMINISTRASI YANG
HANDAL :
Dua hal pokok
yang perlu diperhatikan :
1. TEKNIK PENATAAN FILE baik Penyusunan Hard copy maupun
Soft copy.
Hard copy : file
yang disimpan dalam bentuk nyata
Soft copy : file kerja yang disimpan dalam
komputer.
CATATAN PENTING : “ Berfikirlah bahwa anda membuat atau menata file kerja bukan untuk diri anda sendiri tetapi untuk orang lain “. ARTINYA dimana atau siapapun yang akan mencari data yang anda sajikan untuk umum , mereka akan dengan mudah bisa dengan cepat menemukannya.
CATATAN PENTING : “ Berfikirlah bahwa anda membuat atau menata file kerja bukan untuk diri anda sendiri tetapi untuk orang lain “. ARTINYA dimana atau siapapun yang akan mencari data yang anda sajikan untuk umum , mereka akan dengan mudah bisa dengan cepat menemukannya.
CARA PENATAAN FILE : APLIKASI DI PERUSAHAAN JAPAN.
Kelompokkan data
yang anda buat dalam urutan Adjat A ~ Z dan beri juga nomor urut dari angka 1 ~
sampai seterusnya, dengan TUJUAN bila file diambil atau hilang akan segera tahu
file mana yang tidak ada di tempatnya.
2. MEMAHAMI “
HORENSO “ ( HO-REN-SO )
Horenso adalah
Istilah bahasa Japan yang sering di aplikasikan dalam praktek sehari-hari.
“HORENSO'' ADALAH SYTEM INFORMASI ATAU PELAPORAN.
ASAL PEMBENTUKAN
KATA HORENSO :
“HO” dari
kata HOUKOKU : Proses pelaporan “ segala sesuatu “ dari bawahan ke atasan atau
sebaliknya.
“REN” dari kata RENRAKU : Menginformasikan : menyampaikan INFORMASI
sejelas-jelasnya sampai ke tingkat yang paling bawah atau sebaliknya, sehingga
informasi dapat di terima semua untuk diambil tindakan.
“SO” dari
kata SOUDAN : yaitu system konsultasi ( diskusi ) untuk penyelesaian masalah.
0 komentar:
Posting Komentar